Pages

Ads 468x60px

Labels

iOS

5/Life%20Style/feat-tab

Facebook

Business

5/Cars/feat-tab

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.

Post Bottom Ad

ad728

Videos

6/Tech/feat-videos

Technology

3/Tech/feat-grid

Fashion

5/Life%20Style/feat2

Header Ads

ad728

Breaking News

Android

5/Tech/feat-tab

Fashion

5/Cars/feat-tab

Follow Us @templatesyard

Translate

Recent Slider

5/Tech/feat-slider

Comments

3/recent-comments

Post Top Ad

ad728

Beauty

4/Cars/post-per-tag

Main Slider

5/slider-recent

Culture

4/Future/post-per-tag

Photography

3/Tech/post-per-tag

Recent

3/recent-posts

Popular Posts

Kamis, 31 Maret 2016

Hari Bank Dunia (Internasional)

Hari Bank Dunia (Internasional)
Ririn Erviana
Mahasiswi STAIN Jurai Siwo Metro

01 april 2016 menjadi hari pertama di bulan april dan tahun 2016, berkenaan dengan itu pula hari ini menjadi peringatan bagi seluruh masyarakat dunia, yakni Hari Bank Dunia (Internasional). Sebenarnya bagaimana sih Bank Dunia itu? Bagaimana kontribusinya untuk masyarakat dunia. Bank Internasional bertujuan untuk memberikan bantuan kepada negara-negara berkembang terlebih untuk negara-negara yang minim pendidikan dan kesehatan, begitu kira-kira.
Dengan kontribusinya itu sebenarnya Bank Dunia sedikit membuat negara-negara berkembang akan terbiasa bergantung dengan bantuan asing, dan kurang mandiri dalam mengatasi problema yang tengah terjadi di wilayahnya. Terlepas dari itu Bank Dunia memang di tujukan untuk memberikan bantuan bagi pihak-pihak yang kesusahan yakni negara-negara berkembang.
Di Indonesia sendiri lembaga-lembaga keuangan juga didirikan dengan tujuan yang serupa. Namun realisasinya justru jauh dari itu, dengan tanda kutip malah menjerumuskan para nasabah, terutama lembaga keuangan konvensional. Menurut perspektif saya bank di Indonesia lebih senang jika nasabah meminjam uang ketimbang nasabah menabung. Hehe kenapa seperti itu ya? Mungkin pembaca yang arif nan budiman dapat menyimpulkannya sendiri.
Selain lembaga keuangan konvensional di Indonesia juga ada lembaga keuangan berbasis Islam atau biasa disebut dengan lembaga keuangan syariah. Namun belum banyak berdiri hanya sebagian saja, dari sebagian itu pula realisasinya pun masih menyimpang dari namanya. Ironis sekali memang, nama yang demikian indahnya namun tidak diiringi dengan pengimplementasian yang relevan dengan itu. Banyak lembaga keuangan syariah yang justru lebih kejam dibanding lembaga keuangan konvensional.
Padahal prinsip muamalah berkaitan dengan lembaga keuangan berdasarkan syariat yang berpedoman dengan Al-quran dan hadis tidak demikian adanya, padahal Allah telah mengatur semuanya begitu pula Rasulullah telah mencontohkannya. Demikian tersirat dalam kitab suci Al-quran “Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba” (QS.Al-Baqarah:275). Namun realisasinya justru bertolak belakang dengan itu, bahkan dengan nama syariah.

Prinsip syar’i yang dicontohkan Rasulullah pada dasarnya jauh dari tidak kekerasan, penindasan dan pemerasan (zhulm). Maka dari itu sebagai muslim sejati janganlah kita terjerumus kepada lubang yang mereka masuki. Jadi muslim keren tidak ketinggalan zaman dan tidak bertolak dengan dalil naqli. Kita selalu menggunakan dalil aqli namun juga harus relevan dengan dalil naqli.

0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana postingan ini?

 

Sample text

Sample Text

5/Cars/feat-tab

Sample Text

 
Blogger Templates