Pages

Ads 468x60px

Labels

iOS

5/Life%20Style/feat-tab

Facebook

Business

5/Cars/feat-tab

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.

Post Bottom Ad

ad728

Videos

6/Tech/feat-videos

Technology

3/Tech/feat-grid

Fashion

5/Life%20Style/feat2

Header Ads

ad728

Breaking News

Android

5/Tech/feat-tab

Fashion

5/Cars/feat-tab

Follow Us @templatesyard

Translate

Recent Slider

5/Tech/feat-slider

Comments

3/recent-comments

Post Top Ad

ad728

Beauty

4/Cars/post-per-tag

Main Slider

5/slider-recent

Culture

4/Future/post-per-tag

Photography

3/Tech/post-per-tag

Recent

3/recent-posts

Popular Posts

Selasa, 29 Maret 2016

Bagaimana kontribusi selembar certificate?

Bagaimana kontribusi selembar certificate?
Oleh : Ririn Erviana
Mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro

Artikel ini terinspirasi dari tugas dosen saya. Saya adalah mahasiswi dari kampus yang berbasis Islamiyah. Saya baru semester dua sekarang, terbilang muda tapi saya ingin selalu berusaha bagaimana selayaknya mahasiswa dan sedikit demi sedikit meninggalkan kebiasaan siswa seperti setahun silam. Semester satu kemarin ada program Intensifikasi Bahasa Arab di kampus, saya yang itu di persyaratkan menjelang munaqosyah (skripsi) nanti, yaa mungkin agak berbeda dengan kampus teman-teman mahasiswa yang lain. Dan di semester dua ini berlanjut programya yakni, Intensifikasi Bahasa Inggris. Kegiatan intensifikasi seperti ini biasa dilaksanakan di hari sabtu yang merupakan hari weekend bagi sebagian orang, namun tidak untuk kami para mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro.
Oke, langsung saja tidak usah panjang lebar, jadi dalam mengikuti Intensifikasi bahasa Inggris dosen saya menginstruksikan untuk mengadakan “debat challenge” di dalam kelas kami. Peraturan debatnya tidak seketat seperti debatnya pak jokowi dan pak probowo sih hehe. Beliau menginstruksikan ini semua guna memperkuat rasa percaya diri dari para mahasiswa yang terbilang masih muda atau masih pemula dalam mengemban bangku kuliah yakni masih semester dua. Yang terpenting dalam debat kali ini kami mengutarakan perspektif masing-masing guna mempertahankan statement dari tema yang sudah ditentukan oleh beliau.
Beliau menentukan dua tema yang akan menjadi bahan perdebatan pada sabtu ini, yang mana nanti dikelas akan ada dua kelompok yang memegang masing-masing satu tema untuk memberikan statement sesuai dengan tema yang didapat dan kemudian selalu mempertahankan statement awal menggunakan perspektif-perspektif yang harus peserta ungkapkan. Kedua tema itu adalah certificate dan skill.  Bagaimana kontribusi dari masing-masing tema tersebut dalam perkembangan karier seseorang. Meskipun basickly  keduanya juga memiliki peran yang sama-sama penting dalam menunjang kesuksesan atau karier seseorang.
Nah saya, mendapat bagian untuk tema certificate. Tentunya saya akan mengungkapkan statement yang mendungkung pentingnya certificate dalam dunia perkarieran seseorang. Ijazah adalah bentuk certificate dari institusi yang formal sedangkan untuk institusi yang informal biasa dalam bentuk sertifikat.  Meskipun ijazah terlihat tidak berarti karena hanya berupa selembar kertas yang tak memiliki makna apa-apa namun ijazah memiliki kontribusi yang besar terhadap karier seseorang.
Ijazah kita peroleh atas lulusnya atau terselesaikannya pendidikan atau  studi dalam kurun waktu tertentu, bahkan  juga menghabiskan biaya sedemikian besar. Urgensi ijazah adalah sebagai bukti konkret bahwa kita telah menyelesaikan studi atau pendidikan tertentu. Bisa dikatakan bahwa ijazah memang hanya formalitas saja, karena di zaman yang serba modern seperti sekarang ini bukti formal lebih dibutuhkan disbanding dengan kemampuan, namun tidak memiliki bukti yang formal. Tapi disisi lain, ijazah bukan hanya sekedar formalitas saja, karena dalam proses untuk mendapatkan ijazah tersebut kita perlu mempelajari ilmu tertentu untuk mendapatkannya. Yang itu semua merupakan hal terpenting dalam perjalanan mendapatkan gelar ataupun ijazah. So, ilmunya itu yang penting.
Bagi mereka yang menganggap ijazah tidak penting, mereka lebih memilih untuk belajar secara otodidak atau kursus. Ya memang ilmu yang didapat tidak jauh berbeda, namun dengan ijazah kita dapat mengembangkan karier kita di sebuah lembaga atau perusahaan. Bagi mereka yang menganggap ijazah tidak peting, karena mereka tidak berencana untuk bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan mereka lebih berencana untuk berwirausaha sendiri dengan skill yang di milikinya.
Padahal jika ditelaah lebih dalam lagi pendidikan formalpun dapat menunjang bisnis kewirausahaan apabila kita memiliki minat terhadap bidang itu. Misalnya kita kuliah mengambil jurusan Ekonomi dan Manajemen dari pendidikan formal tersebut kita dapat merealisasikannya kedalam wirausaha yang kita minati, justru itu akan menambah kepandaian kita ketika di match dengan mata kuliah kita di kampus.
Terkadang dari teman-teman mahasiswa sendiri masih bingung. Nanti ketika sudah lulus akan seperta apa dan bagaimana, tidak memiliki planning. Dan masih takut nanti sudah mendapat gelar sarjana tetapi masih pengangguran. Tentu itu adalah persektif yang salah menurut saya. Sebagai mahasiswa hendaknya kita selalu berpikir positif dan tetap focus pada goal (tujuan) yang hendak kita capai, punya target untuk pencapaian kita supaya dalam mempelajari ilmu memiliki semangat karena ada sesuatu yang hendak diraih. Yang bukan hanya semata-mata kuliah hanya ingin gelarnya saja, atau hanya ingin menuruti kehendak orang tua.
Menjadi seorang maahasiswa haruslah rajin dan giat dalam menempuh proses itu demi pencapaian yang akan kita raih di depan, juga kita mengharapkan ijazah dengan kualitas bagus dengan harapan akan membantu kita dalam menunjang karier atau pekerjaan idaman kita kelak. Di samping itu, kita pasti bosan jika terus-terusan belajar tanpa jeda. Maka di sela-sela kuliah marilah kita isi kegiatan kita dengan hal-hal yang positif, misalnya berorganisasi untuk melatih mental kita dalam menghadapi masyarakat secara langsung. Juga menjaring link atau chanel sebanyak-banyaknya untuk dimintai pengalamannya, atau mungkin akan membawa kita ke dunia kerja yang diidam-idamkan.
Oke sekian saran mahasiswa giat dan aktif semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana postingan ini?

 

Sample text

Sample Text

5/Cars/feat-tab

Sample Text

 
Blogger Templates