Pages

Ads 468x60px

Labels

iOS

5/Life%20Style/feat-tab

Facebook

Business

5/Cars/feat-tab

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.

Post Bottom Ad

ad728

Videos

6/Tech/feat-videos

Technology

3/Tech/feat-grid

Fashion

5/Life%20Style/feat2

Header Ads

ad728

Breaking News

Android

5/Tech/feat-tab

Fashion

5/Cars/feat-tab

Follow Us @templatesyard

Translate

Recent Slider

5/Tech/feat-slider

Comments

3/recent-comments

Post Top Ad

ad728

Beauty

4/Cars/post-per-tag

Main Slider

5/slider-recent

Culture

4/Future/post-per-tag

Photography

3/Tech/post-per-tag

Recent

3/recent-posts

Popular Posts

Kamis, 24 Maret 2016

BAGAIMANA RASA TERIMAKASIH KITA TERHADAP AIR?

BAGAIMANA RASA TERIMAKASIH KITA TERHADAP AIR?
Oleh : Ririn Erviana
Aktivis Dakwah Kampus STAIN Jurai Siwo Metro

Tanggal 22 Maret merupakan Hari Air Sedunia atau biasa disebut dengan world water day. Hari perayaan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat dunia mengenai betapa pentingnya air bagi kelangsungan hidup di dunia serta untuk menghimbau para masyarakat untuk terus menjaga keberadaan air bersih dari pencemaran lingkungan. Di Indonesia sendiri merupakan Negara yang sebagian besar wiayahnya terdiri dari perairan namun masyarakatnya masih kesulitan dalam menemukan air bersih terutama masyarakat di kota-kota besar. Hal itu disebabkan kurangnya perhatian masing-masing individu terhadap kebersihan lingkungan yang berdampak tercemarnya air bersih.
Sebagian besar permukaan bumi adalah perairan yang melebihi luasnya  daratan yang kita tempati ini. Karena 71% permukaan bumi yang kita tinggali ini adalah perairan dan sisanya daratan. Air merupakan sebuah unsur kehidupan yang sangat penting. Seluruh kehidupan di bumi sangat bergantung kepada air. Air bahkan menempati posisi yang sangat sentral dalam kehidupan di muka bumi ini. Bahkan manusia tidak dapat hidup tanpa air. Kita tidak dapat hidup di merkurius, venus, dan planet lainnya karena di sana tidak tersedia air. Bukan hanya manusia yang tidak dapat hidup tanpa air namun hewan dan tumbuhan yang merupakan makhluk hidup juga tidak akan bisa hidup tanpa adanya air. Jadi ancaman terbesar bagi kehidupan di bumi ini adalah hilangnya air (kekeringan). Sebab, makhluk hidup termasuk juga manusia akan cepat mati kekukarangan air ketimbang kekurangan makan.
Sebagaian tubuh kita terdominasi  oleh adanya air. Untuk orang dewasa 50-60% tubuhnya terdiri dari air, sedangkan untuk anak-anak 65% tubuhnya terdiri dari air. Bahkan seorang bayi terdapat 80% air di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, mengonsumsi banyak air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh kita sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap serangan penyakit.
 Bagaimana sebagai seorang manusia berterimakasih terhadap air? Yang selalu member kontribusi penting bagi kehidupan manusia. Apakah hanya dengan begini-begini saja? atau ada tindakan lain untuk berterimakasih? Kita harus berterimakasih kepada Allah swt yang telah menurunkan hujan sehingga airnya dapat kita gunakan untuk aktivitas kehidupan.
Namun tidak jarang dalam menggunakan air kita enggan menghematnya dengan alasan bahwa air tidak akan habis karena jumlahnya yang banyak. Padahal sejatinya air akan habis jika kita tidak pandai menjaganya, seiring berjalannya waktu air akan semakin terkontaminasi dengan zat-zat kotor karena kita tidak menjaganya, alhasil air bersih sulit ditemukan lagi. Oleh sebab itulah, sebagai rasa terimakasih kita terhadap air hendaklah kita selalu menjaga dan menggunakannnya dengan baik agar tidak membuang sia-sia air bersih.
Bagaimana cara kita menghemat air dalam kehidupan sehari-hari? Tentunya dengan menggunakan air seperlunya saja, tidak berlebihan dalam menggunakan air atau bahkan menggunakan air hanya untuk hal-hal yang tidak penting. Misalnya membiarkan kran tetap menyala padahal sudah tidak dipergunakan lagi. Hendaknya kita mematikan kran air setelah kita tidak menggunakan air. Air-air bekas kita jangan terlebih daluhu dibuang, karena bisa digunakan untuk sesuatu yang lain. Seperti air bekas mencuci sayuran dapat kita gunakan untuk meyiram tanaman dan bunga-bunga di sekitar rumah kita. Selain memanfaatkan air yang sudah tidak terpakai lagi, bekas pencucian sayuran juga menyuburkan tanaman. Kemudian air bekas kita membilas pakaian sehabis kita mencuci, dapat kita manfaatkan untuk membersihkan kamar mandi tidak harus menyalakan kran untuk membersihkannya, selain memanfaatkan air yang sudah tidak terpakai lagi, air bekas membilas juga masih mengandung sisa sabun untuk kita membersihkan kamar mandi.
Di musim penghujan seperti sekarang ini kita dapat membuat lubang-lubang kecil di sekitar rumah kita agar air yang turun ketika hujan dapat lebih cepat terserap pada lubang tersebut. Selain berfungsi mengurangi potensi banjir lubang-lubang ini pun dapat berfungsi untuk menanam air ketika musim penghujan. Supaya air yang ada di bumi tidak habis menguap karena tertanam dalam tanah oleh lubang-lubang tersebut. Dengan begitu air tawar dari hujan tidak langsung habis mengalir ke laut ataupun menguap, karena air tertanam dalam tanah yang membuat sumber mata air di dalam sumur tidak habis ketika musim kemarau tiba.
Polemik yang kian timbul sekarang ini adalah susahnya menemukan air bersih. Padahal Indonesia adalah Negara dengan iklim tropis dan memiliki banyak wilayah perairan. Kita membeli 1,5 liter air minum di Indonesia seharga Rp.6000 sedangkan kita membeli air minum di arab 1 liter hanya Rp.3000. padahal di Negara Arab hanya turun hujan sekali dalam setahun sedangkan di Indonesia dengan curah hujan yang cukup banyak justru tidak bisa memanfaatkan air yang ada.
Faktor utama sulitnya menemukan air bersih adalah kita kurang memperhatikan kebersihan hidup kita sehingga limbah-limbah kehidupan kita mencemari air bersih. Misalnya saja sampah rumah tangga, banyak sekali berceceran di dalam sungai, padahal membuang sampah di sungai dapat memicu timbulnya banjir, namun manusia tetap membuangnya. Sehingga sungai-sungai satu demi satu tercemari oleh adanya sampah rumah tangga. Sebagai rasa terimakasih kita kepada air sudah semestinya kita menjaga kelestarian air dan tidak mencemarinya dengan sampah justru menjaganya dari berbagai kotoran yang bisa mencemarinya.
Oleh karena itu, sudah seyogyanya kita bersama-sama menjaga kebersihan air demi kelangsungan hidup kita, juga demi kelangsungan hidup makhluk lain di sekitar kita. Mulai menanamkan kebaikan kecil akan membiasakan kita untuk melakukan kebaikan yang besar dan berguna bagi lingkungan di sekitar kita.



0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana postingan ini?

 

Sample text

Sample Text

5/Cars/feat-tab

Sample Text

 
Blogger Templates