Pages

Ads 468x60px

Labels

iOS

5/Life%20Style/feat-tab

Facebook

Business

5/Cars/feat-tab

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.

Post Bottom Ad

ad728

Videos

6/Tech/feat-videos

Technology

3/Tech/feat-grid

Fashion

5/Life%20Style/feat2

Header Ads

ad728

Breaking News

Android

5/Tech/feat-tab

Fashion

5/Cars/feat-tab

Follow Us @templatesyard

Translate

Recent Slider

5/Tech/feat-slider

Comments

3/recent-comments

Post Top Ad

ad728

Beauty

4/Cars/post-per-tag

Main Slider

5/slider-recent

Culture

4/Future/post-per-tag

Photography

3/Tech/post-per-tag

Recent

3/recent-posts

Popular Posts

Selasa, 15 November 2016

Perlukah, Penanaman Nasionalisme?



Perlukah, Penanaman Nasionalisme?
Oleh Ririn Erviana

Anak-anak yang baru menempuh sekolah dasar di Indosesia selalu dibekali pelajaran dan penanaman nilai-nilai toleran, tenggang rasa dan saling menghormati. Para guru selalu menanamkan bhineka tunggal ika kepada anak-anak bangsa yang baru saja memijak bangku pendidikan formal. Begitu pula mengenai pluralitas negara Indonesia dan bagaimana bersikap dengan orang lain yang berbeda ras, budaya bahkan agama.
Pendidikan yang memiliki peran vital dalam pembentukan sendi-sendi pembangun bangsa seyogyanya mengenalkan kebudayaan suatu bangsa. Agar para anak-anak menjadikan bangsa dan negara adalah bagian dari hidupnya. Namun akan berbeda cerita ketika dalam sekolah dasar mereka demikian dibekali dengan berbagai nilai tentang perbedaan, tapi ketika sekolah menengah justru terdoktrin dengan paham-paham tertentu demi kepentingan tertentu pula.
Sebagai seorang muslim bukan tidak mungkin untuk bisa hidup rukun berdampingan hanya karena berbeda ras, budaya dan agami. Bahkan islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Rasulullah juga hidup berdampingan dengan nonMuslim pada masanya, mereka memiliki perjanjian pada piagam madinah sebagai kesepakatan satu sama lain. Demikian juga masa sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in. pada masa Dinasti Fathimiyah masyarakat Islam juga memiliki perjanjian dengan nonMuslim yang disebut dengan perjanjian dengan ahlul zdimmah
Penanaman nilai nasionalisme pada sekolah dasar sudah semestinya berlangsung secara continue bahkan sampai menyelesaikan studi perguruan tinggi, atau sampai anak benar-benar dapat hidup bermasyarakat. Agar pendidikan menghasilkan benih yang benar-benar bekerja untuk membangun bangsanya, bukan hanya kepentingan golongan atau kelompoknya sendiri.
Demikian juga ketika anak tersebut kelak menjadi pemimpin bangsa ini. Dia akan melindungi semua lapisan masyarakat tanpa memandang suku, ras, budaya dan agama. Dia akan memperlakukan rakyatnya secara adil, tidak memandang bahwa si A satu suku dengannya, atau si B berbeda agama dengannya.
Oleh karena itu, peran pendidikan akan sangat mempengaruhi karakter, dan jiwa nasionalisme generasi penerus. Sehingga sebagai seorang guru dan calon guru hendaklah kita independen (bebas) dari unsur komersil maupun politik.
sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZb8RYA_U7YTwbxlGD2MBtYHQjKsmJy0_0FZoFVrDpQJQoIU7NPNbGSMXeHTKe7NcaF0QRktfIM-rlo85u-CKusamRpWhmlwn_kg_EOPyqMIacdq0dK-PiFJnRTQ7s6zcYdePmxvINcVHl/s1600/polemik-kurikulum-2013-gus-ipul-usul-rembuk-pendidikan-nasional.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana postingan ini?

 

Sample text

Sample Text

5/Cars/feat-tab

Sample Text

 
Blogger Templates