Pages

Ads 468x60px

Labels

iOS

5/Life%20Style/feat-tab

Facebook

Business

5/Cars/feat-tab

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.

Post Bottom Ad

ad728

Videos

6/Tech/feat-videos

Technology

3/Tech/feat-grid

Fashion

5/Life%20Style/feat2

Header Ads

ad728

Breaking News

Android

5/Tech/feat-tab

Fashion

5/Cars/feat-tab

Follow Us @templatesyard

Translate

Recent Slider

5/Tech/feat-slider

Comments

3/recent-comments

Post Top Ad

ad728

Beauty

4/Cars/post-per-tag

Main Slider

5/slider-recent

Culture

4/Future/post-per-tag

Photography

3/Tech/post-per-tag

Recent

3/recent-posts

Popular Posts

Jumat, 04 November 2016

Transfer Of Knowledge




Sederhana saja seorang pendidik dikatakan berhasil sepenuhnya ketika materi pelajaran yang disampaikannya diterima secara utuh oleh objek kegiatan pembelajaran, yaitu peserta didik. Demi mencapai itu semua maka diperlukanlah komponen-komponen untuk membantu transformasi ilmu agar berjalan dengan efektif dan memberi hasil maksimal.
Media merupakan salah satu komponen penting dalam transfer of knowledge. Seperti yang dalam pemikiran Edgar Dale dalam kerucut pengalaman. 

Hal tersebut dapat dibuktikan dalam proses pembelajaran yang nyata. Sederhana saja ketika kita sebagai mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan dosen. Akan sangat membosankan ketika kegiatan belajar hanya membaca atau mendengarkan. Atas rasa bosan itulah kemudian ilmu yang berhasil kita serap hanyalah seperlima dari keseluruhan materi. Berbeda ketika kita mulai trelibat diskusi menjelaskan materi dengan menyajikan slide atau melakukan simulasi, maka setidak-tidaknya ilmu yang berhasil kita serap bisa tiga kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya.
Di sisi lain, seorang guru juga memiliki peran yang begitu penting dalam proses belajar mengajar. Teringat nasihat mantan menteri pendidikan Indonesia Anies Baswedan “Kurikulum berubah tidak otomatis kualitas pendidikan meningkat, namun jika kualitas guru meningkat kualitas pendidikan pasti meningkat, itu kuncinya”. Sepertinya pesan tersebut patut kita renungi. Guru adalah eksekutor di dalam kelas. Ketika instruksi guru dapat diindahkan oleh peserta didik dengan senang hati, maka transfer ilmu akan semakin mudah.
Maka lingkungan yang nyaman dan asyik akan membuat peserta didik lebih tertari dan tidak bosan.  Kesuksesan transfer of knowledge berada ditangan guru dengan bantuan media.

 


0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana postingan ini?

 

Sample text

Sample Text

5/Cars/feat-tab

Sample Text

 
Blogger Templates