Pages

Ads 468x60px

Labels

iOS

5/Life%20Style/feat-tab

Facebook

Business

5/Cars/feat-tab

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.

Post Bottom Ad

ad728

Videos

6/Tech/feat-videos

Technology

3/Tech/feat-grid

Fashion

5/Life%20Style/feat2

Header Ads

ad728

Breaking News

Android

5/Tech/feat-tab

Fashion

5/Cars/feat-tab

Follow Us @templatesyard

Translate

Recent Slider

5/Tech/feat-slider

Comments

3/recent-comments

Post Top Ad

ad728

Beauty

4/Cars/post-per-tag

Main Slider

5/slider-recent

Culture

4/Future/post-per-tag

Photography

3/Tech/post-per-tag

Recent

3/recent-posts

Popular Posts

Kamis, 12 Oktober 2017

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN






 TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN
Dibuat Untuk Memmenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah Media Pembelajaran
Dosen Pengampu: Umar, M.Pd.I




Disusun Oleh:
1.      Aprilio Arie Saputra    (1501010158)
2.      Diah Ayu Surya Putri (1501010251)
3.      Iffa Lathifah   (1501010055)
4.      Ririn Erviana   (1501010213)


JURUSAN TARBIYAH/PAI/A/3
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
 METRO
TAHUN AKADEMIK 2016

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, makalah tentang Iman, Islam, dan Ihsan ini dapat penulis selesaikan sebagaimana mestinya. Shalawat dan salam tak lupa kita kirimkan kepada Baginda SAW sebagai suri tauladan yang patut kita teladani.
Makalah ini penulis susun sebagai tugas mata kuliah Media Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Umar, M.Pd.I. makalah ini membahas tentang Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Agar mahasiswa khususnya Tarbiyah dapat menggunakan teknologi informasi dalam proses pembelajaran ketika menjadi pendidik kelak.
Ucapan terima kasih penulis haturkan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini, yang telah memberikan sumbangsihnya sehingga makalah ini bisa diselesaikan. Oleh karena itu, penulis ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.        Bapak Umar, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah Media Pembelajaran
2.        Teman-teman mahasiswa yang tergabung dalam kelas A.
Semoga dengan adanya makalah ini dapat memberikan dampak positif dan penunjang pembahasan materi bagi teman-teman mahasiswa bukan saja dari segi kulit dan kertasnya tapi juga pesan-pesannya.

Metro, 20 September 2016
Penulis
DAFTAR ISI

Halaman Judul ......................................................................................... .... i
Kata Pengantar......................................................................................... ... ii
Daftar Isi.................................................................................................... .. iii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................ ... 1
A.  Latar Belakang................................................................................. ... 1
B.   Rumusan Masalah............................................................................ ... 2
C.   Tujuan Penulisan.............................................................................. ... 2
BAB II PEMBAHASAN.......................................................................... ... 3
A.  Pengertian Teknologi Informasi....................................................... ... 3
B.   Landasan Teori Teknologi Pendidikan............................................    4
C.   Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan..................... ... 5
D.  Kontribusi Teknologi Informasi dalam Teknologi Pembelajaran..... ... 6
BAB III PENUTUP.................................................................................. ... 9
A.  Kesimpulan...................................................................................... ... 9
B.   Saran................................................................................................ ... 9
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................. . 10








BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Di era modern seperti sekarang ini teknologi sudah berkembang sangat pesat. Peran media dalam berbagai hal menduduki posisi yang cukup penting, berbeda dengan lima tahun yang lalu jika semua masih serba manual dan dikerjakan langsung oleh manusia. Misalnya saja bidang pendidikan, peran teknologi sangat mempengaruhi prosesnya. Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian yang penting di dalamnya.
Di zaman sekarang ini sudah sangat jarang mengirim surat menggunakan pos.  Hal-hal dalam bentuk informasi dapat diakses dan diposting di internet sehingga dengan cepat diketahui orang lain. Para peserta didik dengan pendidik bisa melakukan proses belajar mengajar tanpa harus bertatap muka, seperti mengirim bahan pembelajaran melalui gmail dengan internet, menyampaikan materi melalui website, youtube, teamviewer, dan lain sebagainya. Semua itu memudahkan kedua belah pihak untuk menghemat waktu dan biaya transportasi.
Dengan menggunakan teknologi informasi dalam pendidikan sangat memudahkan bagi pendidik dalam penyampaian, tulisan, gambar, ataupun video. Sehingga para peserta didikpun akan lebih tertarik dan cepat memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Terlebih penggunaan teknologi informasi melalui internet sekarang ini sudah semakin pesat. Karena kemudahan bagi penggunanya untuk memperoleh informasi dengan cepat
Oleh karena itu, di dalam makalah ini, penulis akan memaparkan teknologi informasi yang terdapat dalam pendidikan, dibahas pula pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan bagaimana kontribusi media dalam bentuk teknologi informasi dalam proses pembelajaran.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.         Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi?
2.         Apa landasan teori teknologi informasi?
3.         Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan?
4.         Bagaimana kontribusi teknologi informasi dalam teknologi pembelajaran?

C.      TUJUAN PENULISAN
1.        Mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan teknologi informasi.
2.        Mengerti dan memahami landasan teori teknologi informasi.
3.        Memahami dan mengaplikasikan manfaat teknologi informasi dalam pendidikan.
4.        Mengerti bagaimana kontribusi teknologi informasi dalam teknologi pembelajaran.


BAB II
PEMBAHASAN

A.           PENGERTIAN TEKNOLOGI  INFORMASI
Secara umum, teknologi informasi (Information Technology, IT) adalah sama dengan teknologi lainnya, hanya informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Teknologi informasi adalah sarana dan prasarana ( hardware, software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan dan menggunakan data secara bermakna[1].
Selain itu, teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah, memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagi cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas (Wardiana 2002). [2]Artinya informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan, serta merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Menurut kamu Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata, bilangan, dan gambar.[3]
Dari pengertian di atas penulis memahami teknologi informasi adalah media yang digunakan untuk memperoleh ataupun mengirimkan informasi atau data-data dalam kepentingan pendidikan, pemerintah, maupun bisnis secara lebih praktis (mudah). 
B.            LANDASAN TEORI TEKNOLOGI INFORMASI
Mesin pembelajaran dikembangkan berdasarkan teori belajar tingkah laku (behaviorism theory). Menurut teori ini tujuan pembelajaran adalah untuk mengubah tingkah laku peserta didik. Perubahan tingkah laku harus tertanam dalam diri peserta didik sehingga menjadi suatu kebiasaan. Agar tingkah laku menjadi kebiasaan, perlu diberikan penguatan (reinforcement) berupa pemberitahuan bahwa apa yang dilakukan adalah benar dalam setiap terjadinya perubahan perilaku positif ke arah tujuan yang dikehendaki.
Berdasarkan teori tersebut diperoleh prinsip-prinsip pembelajaran, antara lain sebagai berikut:
1.        Respons peserta didik harus diperkuat secepatnya dan sesering mungkin. Respon positif akan memberikan penguatan sedangkan respon negatif akan memberikan kekecewaan.
2.        Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri (self-pacing)
3.        Perhatikan peserta didik mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan
4.        Beritahukan kemajuan belajar peserta didik. Untuk itu maka diperlukan adanya pertisipasi dengan memberikan jawaban.[4]
C.           PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN
Pesatnya perkembangan TIK, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Di lingkungan perguruan tinggi misalnya yaitu diwujudkan dalam sistem yang disebut electronic university (e-university). Pengembangan e-university bertujuan untuk mendukung penyelenggaran pedidikan, sehingga perguruan tinggi dapat member pelayanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik di dalam maupun di luar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah di dalam jaringan atau online dan materi kuliah tersebut dapat diakses  oleh siapa saja yang membutuhkan. Hal ini mempermudah pemberian informasi bagi siapapun kesulitan informasi karena masalah ruang dan waktu.[5]
Teknologi informasi dapat digunakan untuk memudahkan kerjasama antara pakar dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik. Dahulu, seorang harus berjalan jauh untuk menemui seorang pakar guna mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal itu dapa dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui internet, email, ataupun dengan menggunakanmekanisme file sharing[6].

Adapun secara rinci, manfaat TIK dalam pendidikan yang lain yaitu:
1.      Akses ke perpustakaan
2.      Akses antara mahasiswa dan dosen
3.      Perkuliahan secara online
4.      Menyediakan layanan informasi  akademik  suatu institusi pendidikan
5.      Menyediakan fasilitas mesin pencari data
6.      Menyediakan fasilitas diskusi
7.      Menyediakan fasilitas direktoriat alumni dan sekolah
8.      Menyediakan fasilitas  kerja sama[7]
Di perguruan tinggi penulis juga banayak menjumpai dosen-dosen dan mahasiswa yang sudah menggunakan teknologi informasi, seperti memposting nilai di website, mengirim tugas melalui gmail, dan sistem informasi akademik (sismik). Di taraf sekolahpun seorang guru juga bisa mengembangkan teknologi informasi dalm proses pembelajaran supaya lebih menarik dan tidak monoton. Misalnya dengan menghadirkan fitur-fitur yang melibatkan, tulisan, gambar, audio, video dan lain sebagainya.

D.           KONTRIBUSI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Dukungan kontribusi teori teknologi informasi dalam teknologi pembelajaran ini mencakup aspek infrastruktur informasi dan telekomunikasi, sumber daya manusia dan acuan atau produk hukum telematika sehingga dapat berperan untuk  membelajarkan manusia dengan mengembangkan dan  atau mengggunakan aneka sumber belajar.
 Peranan yang bisa dilakukan TI dalam model pembelajaran ini sangat jelas. Hadirnya e-learning dengan semua variasi tingkatannya telah memfasilitasi perubahan ini. Secara umum, e-learning dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang disampaikan melalui semua media elektronik termasuk, Internet, intranet, extranet, satelit, audio/video tape, TV interaktif, dan CD ROM (Govindasamy, 2002).[8]
 Teknologi berperan sebagai mediator dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yaitu untuk menyebarkan berbagai informasi dengan mudah dan cepat.
Pengembangan system pembelajaran dengan internet dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu sebagai berikut:
1.    Menggunakan sepenuhnya fasilitas internet yang telah ada, seperti email, internet relay chat, world wide web, search engine, milis (miling list) dan file transfer protocol (FTP)
2.    Menggunakan software pengembangan program pembelajaran dengan internet yang dikenal dengan web course, yang diantaranya bisa didapat secara gratis ataupun dengan membelinya. Ada beberapa vendor yang mengembangkan web course tools seperti webCT, Webfuse, TopClass dan lain-lain
3.    Mengembangkan sendiri program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan (tailor-made), dengan menggunakan bahasa pemograman seperti aktif server pages (ASP) dan lain-lain. 
Dewasa ini sesuai dengan tahap perkembangannya yang digunakan adalah teknologi maju, seperti audio dan video cassette, overhead projektor, slide film dan motion film, mesin pengajaran, komputer, CD-rom dan internet. [9] Semua itu adalah wujud teknologi informasi dalam pembelajaran.
Salah satu tantangan terbesar dalam pembelajaran, pada tingkatan apapun, adalah memastikan transpor pengetahuan (dan juga nilai-nilai) dapat berjalan dengan baik. Penelitian sebelumnya mengindikasikan banyak faktor yang terlibat dalam konteks ini, mulai dari bagaimana dosen dan mahasiswa memandang perkuliahan, lingkungan akademik, sampai dengan metode pembelajaran yang digunakan. (e.g., Sheppard dan Gilbert, 1991).[10] Maka di sinilah kontribusi teknologi informasi dalam teknologi pembelajaran agar mahasiswa maupun siswa tidak menjalankan aktivitas pembelajaran yang membosankan dan tidak menantang sehingga mereka lebih tertarik terhadap materi serta lebih cepat menyerapnya.


BAB III
PENUTUP
A.           KESIMPULAN
Teknologi informasi merupakan sarana prasarana yang digunakan untuk  menyimpan, menyusun, memperoleh, mengirimkan informasi atau data-data yang digunakan untuk kepentingan pribadi, pendidikan ataupun binis secara mudah dan cepat.
Teknologi informasi dapat digunakan untuk memudahkan kerjasama anatara dosen dan mahasiswa dalam bidang pendidikan, dan layanan pendidikan lainnya yang dapat dilakukan melalui internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah dan mengirimkan tugas melalui jaringan internet atau online.
Teknologi informasi berperan penting sebagai mediator dalam pendidikan dan pembelajaran untuk mengakses informasi dengan mudah dan cepat.
B.            SARAN
Dengan materi yang disajikan oleh penulis semestinya teknologi informasi dapat dikembangkan lebih baik lagi dibidang pendidikan. Terlebih sebagai mahasiswa tarbiyah penulis juga berharap pengembangan tersebut perlu diimbangi dengan ilmu memadai agar tidak terdapat penyalahgunaan perkembangan teknologi.



DAFTAR PUSTAKA

Darmawan. 2012.  Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Bandung:Remaja Rosdakarya)
Deni Darmawan. 2011. Teknologi Pembelajaran.  (Bandung:Rosdakarya)
Fathul Wahid dan Teguh Dirgahayu, “Menarasikan Kesadaran Praktis: Metode Pembelajaran Teknologi Informasi Dalam Perspektif Fathul Wahid, Teduh Dirgahayu dan Penerbit  Graha Ilmu), 2012.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2013.  Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Resdakarya)
Warsita,  Bambang Teknologi Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta)

Berikut power point metri teknologi informasi dalam pembelajaran semoga dapat memudahkan dalam mempelajari substansinya :)








[1] Drs. Bambang Warsita, M.Pd, Teknologi Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), h 134
[2] Ibid, h. 135
[3] Dr.Deni Darmawan, S.Pd., M.Si, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 46
[4] Drs. Bambang Warsita, M.Pd, Teknologi Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), h 169
[5] Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., Teknologi Pembelajaran (Bandung:Rosdakarya, 2011), h. 5
                [6] Drs. Bambang Warsita, M.Pd, Teknologi Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), h 150     
[7] Ibid, h. 7
[9] Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Resdakarya, 2013) h. 96
[10] Fathul Wahid dan Teguh Dirgahayu, “Menarasikan Kesadaran Praktis: Metode Pembelajaran Teknologi Informasi Dalam Perspektif Fathul Wahid, Teduh Dirgahayu dan Penerbit  Graha Ilmu), h. 1  
sumber gambar : http://deedecem.blogspot.co.id/2016/09/jawaban-uts-pti-teknologi-informasi-di.html

0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana postingan ini?

 

Sample text

Sample Text

5/Cars/feat-tab

Sample Text

 
Blogger Templates